Komputasi Awan: Seluk Beluknya

Komputasi awan telah memperoleh tingkat popularitas yang substansial dalam beberapa dekade terakhir karena kemampuan layanan mandiri, fleksibilitas keseluruhan, keterjangkauan, skalabilitas, dan pembayarannya saat Anda menggunakan model perusahaan. Anda mungkin juga pernah mendengar cloud computing yang disebut cloud, cloud web hosting, cloud server internet hosting dan banyak lagi lainnya. Ungkapan-ungkapan ini sering dilontarkan dan banyak yang cenderung tidak tahu persis apa artinya ini. Apa sebenarnya komputasi awan itu? kunjungi situs web kami .


Komputasi awan tidak seperti opsi alternatif hosting konvensional yang menggunakan satu server berkomitmen, karena komputasi awan menggunakan pengetahuan virtualisasi untuk mengumpulkan atau berbagi aset dari komunitas server fisik yang mendasarinya. Dengan kata lain, sekelompok server fisik berfungsi seperti satu server besar untuk membawakan Anda aset yang Anda inginkan sesuai permintaan. Komputasi awan memberikan metode komputasi bersama, paket data atau perangkat lunak melalui pasar online; dan sejauh ini merupakan metode yang paling sering digunakan untuk mengakses cloud. Namun, intranet dan jaringan khusus juga dapat diterapkan jauh. Sumber yang dilengkapi melalui cloud mencakup hal-hal seperti: jaringan, server, penyimpanan, platform, aplikasi, serta layanan lainnya. Dan sarana ini dibagi di antara orang-orang dan organisasi, dan diakses oleh aplikasi atau konsumen.

5 Karakteristik Utama Cloud Computing

Dalam komputasi awan, Anda akan menemukan 5 karakteristik dasar yang membedakannya dari kemungkinan hosting web standar, seperti elastisitas cepat, aksesibilitas komunitas luas, layanan mandiri sesuai permintaan, pengumpulan sumber daya, dan bantuan terukur.

· Layanan Mandiri Sesuai Permintaan

Dengan komputasi awan atas permintaan perusahaan mandiri, Anda dapat mengakses e-mail, aplikasi, komunitas atau produk server dan layanan tanpa percakapan manusia. Hanya buat akun dengan semua vendor, kembangkan kualifikasi penagihan dan perlindungan, dan pilih sumber komputasi awan yang Anda perlukan. Biasanya ini semua dapat diselesaikan dengan menggunakan portal layanan mandiri berbasis web yang mudah digunakan dan tersedia.

· Akses Komunitas Luas

Perusahaan komputasi awan tersedia lebih dari sekadar jaringan, mungkin melalui komunitas yang terfokus, pasar online, atau bahkan Intranet. Layanan ahli ini dapat diakses oleh siapa saja, di mana saja, kapan saja di produk atau workstation apa pun, dengan menggunakan kredensial yang ideal tentunya.

· Pengumpulan sumber daya yang berguna

Komputasi awan menawarkan banyak klien aset fisik aktual yang sama persis, namun, yang memiliki suasana berbeda untuk setiap klien. Selain sarana dari server fisik ini sering dikumpulkan dari banyak server, di beberapa pusat informasi, di berbagai area. Dan jika server di komunitas offline, maka server virtual Anda akan mengumpulkan sumber dari server lain di dalam komunitas fisik Anda yang sebenarnya. Bahkan ketika pusat informasi lengkap di komunitas sedang down, maka sumber Anda dikumpulkan dari berbagai fasilitas pengetahuan di banyak lokasi. Konstruksi ini memungkinkan untuk mengurangi kesempatan dari kesempatan kegagalan.

· Elastisitas Cepat

Mungkin salah satu manfaat tambahan yang diperlukan dari komputasi awan adalah kemampuan beradaptasi yang ditawarkannya kepada konsumen, karena sarana cloud dapat dipasok dengan cepat dan elastis untuk memperluas dan memenuhi kebutuhan dengan cepat. Dengan kata lain, Anda mendapatkan aset yang Anda perlukan setelah Anda perlu memilikinya.

· Bantuan Terukur

Komputasi awan memanfaatkan kemampuan pengukuran untuk mengukur penggunaan metode Anda, sehingga memungkinkan Anda hanya membayar untuk apa yang Anda gunakan. Sederhananya, sama seperti tagihan utilitas, Anda hanya dapat dikenakan biaya untuk apa pun yang Anda gunakan, tidak ada lebih tidak ada sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *